Picturing Myself in 5 Years- Casa Elana for IHB Blog Post Challenge

Assalamu'alaikum!

Pertama-tama, siapa yang belom nonton Cinderella? Sayaaaaaaaaaah *digaplok*
Di dalem film itu, baik versi baru maupun versi lama ada lagu berjudul "A Dream is a Wish Your Heart Makes". Walaupun bukan fans berat Cinderella and the gang, ada satu bait yang nyangkut hati saya, kayak sepatunya Cinderella meski cuma sebelah :

Have faith in your dreams and someday
Your rainbow will come smiling through
No matter how your heart is grieving, if you keep on believing
The dream that you wish will come true
Anyway, lama nggak sharing di Pensieve yang udah mulai butek, akhirnya tergerak juga hati ini untuk bikin tulisan tentang mimpi saya dalam lima tahun ke depan. Mimpi-mimpi yang ngebayanginnya aja bikin mata berbinar-binar kayak sepatu kaca, tapi juga takut di saat yang sama. And here are mine.

1. Go to geeks convention/ exhibition...then create one!
Yang ini sebenernya udah kesampean, walaupun tahun lalu baru sempet pergi ke Star Trek Exhibition tapi seneng aja kalo terlibat lebih banyak di acara-acara serupa di dalam dan luar negeri, baik dalam rangka bawa nama komunitas maupun pribadi *ngarep*. Kenapa? Karena kalo dateng ke sana bisa nambah pengetahuan dengan ngobrol dengan sesama geeks, nambah koleksi, liat orang ber-cosplay ria (which means inspirasi HCC tumpah ruah), dan kalo bisa ketemu seleb yang main langsung kayak yang terjadi di San Diego Comic Con. Kapan lagi gitu liat Tom Hiddleston mingling sama fans kumplit dengan kostum Loki?

DC, Marvel, kumpul kabeeeeeh!!!! (source)

5 tahun kedepan, setelah puas nimba ilmu saya mau bikin event begini. Kurang lebih konsepnya sama kayak event-event ComicCon, tapi bakal dilengkapi dengan hijab fandom fashion show, demo make up visual effects, fandom battle antarkomunitas dan best costume. Ngeniwei kalo ada hijab fandom fashion show, barangkali koleksinya Casa Elana ada yang cocok karena nggak mau keluar dari pakem modesty-nya walaupun lagi "memerankan" suatu karakter di catwalk, hehe...


"Perkawinan" Comic Con dan Fashion Week. Awesome! Liat yang lainnya di sini 
Oiya, eventnya harus lebih ramah keluarga dengan adanya pop up daycare/learning center, lomba cosplay untuk balita dan nursery, karena hari gini banyak lho keluarga muda yang masih suka hal-hal begini tapi belum tentu bisa bawa anak-istri/suami karena faktor tempat dan keamanan. Pleus harus ada mushola, toilet dan ruang ganti yang nyaman dan mudah dicari. Kalo mampu adain meet and greet juga sama pemain film/TV, hehe..

2. Moment capturer
I see myself clearly in this one. Dari dulu, julukan "Miss Candid" udah nempel di jidat jenong saya sebagaimana bekas lukanya Harry. Makin ke sini saya tambah penasaran nyari angle dan momen-momen berharga lalu mengabadikannya di balik kamera. Dari foto candid teman-teman waktu pelesiran sampai pernikahan, saya enjoy banget ngerjainnya walau harus gondol kamera sana-sini. Insya Allah kalau dilancarkan, dalam lima tahun saya sudah punya usaha dokumentasi sendiri. Apalagi spesifikasinya wedding, family dan off stage alias di balik pertunjukan. Nah yang terakhir ini masih jarang yang dikomersilkan (cie), jadi orang perlu tau ada banyak sekali cerita yang lahir dari belakang panggung: latihan, sesi perlenongan, sampai evaluasi. Namanya masih rahasia dapur, tapi proses nimba ilmunya harus tetep jalan walau propertinya masih sadayana :D




3. My geek wedding
Impian wajib yang satu udah pernah diceritain kok di sini, hehe. All in all, saya kepengen nyelenggarain pernikahan yang simple, tradisional, tapi unik dan berkesan buat tiap tamu. Masih belom ketauan sih, konsep ini akan disetujui apa nggak sama dua keluarga, tapi kalo iya, saya akan seneng banget! Mumpung janur kuning belom melengkung, nabung inspirasi aja dulu buat dikumpulin di moodboard :p Dan yang terpenting, 5 tahun lagi partner dunia akhirat udah di acc sama Allah dan kedua keluarga, terutama ortu.

Design undangan impian :3 sumber: epbot.com

4. "Punggawa" budaya negeri
Dari kecil, saya selalu tertarik sama seni tradisi negeri kita sendiri, mulai dari cerita rakyat, kesenian,  wayang, sampai perayaannya. Beberapa hari yang lalu, saya malem mingguan di GKJ nonton pentas sahabat saya "Mustikaning Srikandi". Barengan kawan baik saya juga, sepanjang jalan kami ngobrol ngalor ngidul menembus macet tentang event kebudayaan yang mau dia bikin sambil nyetel playlist lagu daerah gubahan (alm.) Elfa Secioria.Gara-gara itu, ide ini muncul lagi setelah udah lama ngendon di pikiran: bikin blog Cerita Rakyat dari Sabang sampe Merauke. Siapa yang mau ikut? Yuk sama-sama jadi punggawa budaya negeri!
sumber 

Selain blog cerita rakyat, seru nih kalo ngajakin temen-temen bikin online gig yang ngebawain lagu-lagu daerah di Youtube. Tujuannya supaya kita selalu ingat dan bangga ada 'playlist wajib' selain top 40 (ngeniwei masih jaman gak sih ngomong top 40? haha), apalagi sebagai orang Indonesia dengan bahasa yang lebih variatif dari bahasa ciptaannya mbah Tolkien apalagi mbah George RR Martin.

5. A consistent writer
5 tahun lagi, saya tetep nulis, kok. Entah itu proyek buku solo atau barengan, blog, artikel, memoar, sayembara, pokoknya konsisten nulis deh biar saya punya warisan abadi dari masa ke masa. Salah satunya ya dengan ikutan IHB Blog post Challenge ini. Selama ini adaa aja halang rintangnya kalo mau konsisten, tapi dengan integritas dan kemauan yang kuat pelan-pelan mulai belajar terus.

Oiya, berhubung resolusi nerbitin buku tahun lalu nggak sampe, doakan tahun ini kesampean yaa!
As @nulisbuku said, menulis itu menyembuhkan. Jari-jari mata dan otak berolahraga. 

Gede-gede ya? Ada yang pernah bilang, kalau mimpi itu tidak cukup menakutkan bagimu, maka mimpi itu nggak cukup besar. Jujur kelima mimpi ini bikin saya semangat sekaligus takut, tapi kalo kita yakin dan terus usaha menggapainya dengan ridho Allah, bukan nggak mungkin kan mimpinya akan tercapai? :)

Anyway, tulisan ini diikutsertakan dalam lomba IHB Blogpost Challenge bulan ini. Yang mau ikutan boleh banget kok ikut posting sampe tanggal 30 April 2015.
Ditunggu yaa!



Regards, Ratri


15 komentar:

  1. Semoga bukunya kesampaian ya Mba, menyusul mimpi2 lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Makasih yaa Niaa. Dirimu pun :*

      Hapus
  2. Kereeen! Iya nih acara-acara yg kids friendly masih jarang hari gini, semoga mimpi-mimpinya bisa terwujud ya :)
    Dan ya, saya juga setuju, kalo kita gak boleh takut untuk mimpi setinggi-tingginya. Kalo mimpiinnya aja takut, apalagi ngewujudinnya kayaknya gakan pernah kesampean hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa! pasti seru deh bapak-bapak bisa nyalurin inner geek, ibu sama anaknya juga ikutan happy!

      Amiiin...semoga mbak Nadia juga yaa!

      Hapus
  3. Ratriiihhhh.... mari bekerja sama suatu saat nanti. Aku pun ingin punya usaha kayak yg kamu tulis itu XD

    BalasHapus
  4. Mimpi besar memang selalu menghasilkan 2 perasaan ya, excited dan parno, hehehe. Semoga tercapai semuanya yaa.. Really nice blog and writing. Salam kenal yaa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank yoou :D
      Terima kasih yaa udah main-main ke sini
      Salam kenal jugaa :D

      Hapus
  5. Sama-sama. Mampir2 juga yuukk.. :D

    BalasHapus
  6. (( udah di Acc sama Allah )) x))
    Fotonya bagus tuh, udah keren buat jadi moment capturer! Berdasarkan pengalaman (cielah) aku juga ya kalau mau ngambil foto itu jangan ragu dan harus nekat, ya XD
    Semoga berhasil impiannya :D

    Salam kenal, kak :)

    BalasHapus
  7. Aku juga sukanya foto candid daripada foto selfie atau groupie.. lebih seru dan berkesan,, tantangannya adalah pas nangkep momen.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess! yang candid justru lebih banyak bercerita

      Hapus
  8. Keren mimpinya, semoga terwujud ya. Aamiin. Sukses terus deh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiiin. BTW web kamu kereen, apalagi yg KKN, hihi! Tambahin kontennya yaaaa :D

      Hapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D