Hijab Casual Cosplay

(ki-ka) Nymphadora Tonks, Thorin Oakenshield, Muslimah Hogwarts student (abaikan gincunyah!)

Assalamu'alaikum,
Berhubung lagi nggak bisa tidur sekalian menunggu sahur, daripada ngebiarin Pensieve berselimut butiran debu (halah) mending sedikit curcol, hehe.
Tetiba dapet ilham dari blog post nya Mpok Pina, tergeraklah akik untuk nulis hal serupa tapi tak sama, sekalian pengen sharing supaya kita, sesama Muslimah khususnya saling menguatkan daripada saling hujat di medsos. 

Nah, berhubung inner geek saya lagi menggebu-gebu dan getol kopdaran sama komunitas Indo Harry Potter, alhasil sesekali kepingin cosplay pake pernak-pernik Harry Potter (yang alhamdulillahnya dapet gratisan :p) yang selama ini jadi hiasan di lemari dan kamar. Tapi ya namanya juga lagi belajar jadi muslimah tentunya kepikiran dong gimana caranya bisa cosplay tapi sebisa mungkin auratnya tetep tertutup dan sederhana. Soalnya cosplay harus bener-bener all out dan semirip mungkin sama tokohnya, udah gitu banyak cosplayer berhijab yang busananya jadi lebih riweuh dari aslinya, misalnya kalo kostum si tokoh pendek ada yang dilapisi stoking, wig, atau manset.

Alhasil terciptalah hijab casual cosplay ala saya yang walaupun nggak mirip-mirip amat sama tokohnya tapi seenggaknya bisa dipake buat sehari-hari, dan hasilnya ya kayak foto di atas itu. Seru deh! Walaupun nggak langsung dikenali, tapi dengan pake atribut fandom atau salah satu barang khas dari tokoh yang  "diperanin" kita masih bisa berekspresi dan penampilan nggak monoton tanpa harus ribet (walaupun kesyar'iannya belom tentu terjamin ya, hehe). Kalopun nggak ada model baju yang mirip, coba deh main warna, bahan atau motif yang mirip dengan si tokoh. Plus, bisa jadi kalo seandainya mau total nggak usah bawa banyak gembolan, yang penting pede dan tetep simpel sehingga kamu nggak cuma bisa bercosplay ria kalo lagi di ajang community gathering! Serunya lagi, banyak lho outfit dari berbagai fandom yang bisa dijadiin referensi busana sehari-hari. Sok atuh mari dicek  hasil comotan dari Pinterest:

Tinggal tambah emblem dan hijab warna asrama, jadi deh anak Hogwarts :p

Gaya ala Bilbo si Hobbit bisa dipake kalo cuacanya lagi dingin :3
Outfit inspired by Game of Thrones' Arya Stark.
Tambahin hijab berbahan viscose warna hijau lumut biar maksimal! 

Buat yang mau tampil edgy, style-nya Han Solo boleh juga!
Siapa bilang style gagahnya Jon Snow nggak bisa feminin dengan sentuhan warna putih, abu-abu dan motif burung?
Untuk menutupi bagian atas yang ketat, jaket  Katniss bisa jadi siasat.
P.S. : Don't forget to put the mockingjay pin as statement accessory for your hijab!

Put a gingery/tan hijab aand congrats! You're a Weasley!

Naaah, gimana? Seru kan berhijab sambil casual cosplay? Oiya kalo temen-temen ada saran supaya kelihatan lebih syar'i boleh banget sharing di kolom komentar. Buat yang nggak berhijab, siapa tahu casual cosplay bisa nambah inspirasi kamu. All in all, selama hal ini bikin kamu pede, nyaman dan sederhana, insya Allah "cosplay" tiap hari juga nggak masalah sekaligus menambah warna baru di dunia percosplayan dengan adanya hijab. Mengekspresikan diri tapi  aurat tetap tertutup? Bisa banget! :)

Sekali lagi kalo ada yang kurang berkenan di post ini mohon maaf yaaaa, sayapun masih fakir ilmu dalam syiar :) .
Regards, Ratri

6 komentar:

  1. aw kinclonk. cosplay hijabstyle.

    BalasHapus
  2. itu keren yang Hogwarts student :D aku juga mau pake syal slytherinku, tapi panas..
    dibeberapa kesempatan juga aku sering pake pernak-pernik fandom, kayak pake cardigan ravenclaw ke kantor bikin 2 kali lebih rajin kerjanya lho, hahaha..
    anyway, aku kenal juga sama cosplayer hijab, kostumnya cukup mewakili karakter jadi orang-orang tau dia cosplay apa.
    Biarpun berhijab tetep bisa berkreativitas kok, keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian mau share linknya si cosplayer, hehe...
      http://mucosplay.blogspot.com/

      Hapus
    2. Haai iya aku udah liat blognya. Dia lebih ke cosplay anime sih yaa beda sama aku. Tapi keren juga lhoo ;D

      Hapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D