#Plesiran: Singaporean Rhapsody Part 2


Assalamu'alaikum!
Sebelumnya maaf yaa kalo posting plesirannya kepotong sama post lain, hehe. Anyway, perjalanan ke Singapore yang mau dibahas tuntas di blog post ini berkisar tentang: SEA Aquarium, Art & Science Museum, Marina Bay Sands dan sekitarnya, Esplanade, Orchard dan Bandara Changi, gak ketinggalan tips dan trik supaya bisa 'survive' di Singapore kalau lagi traveling/plesiran. Buat yang belum sempet baca part 1-nya, biar update silakan melipir ke sini. Ready to get inside the Pensieve? Let's go!

Puas keliling Maritime Experimental Museum, kami berempat--saya, ayah, ibu dan adik turun menuju SEA Aquarium. Begitu masuk langsung disambut akuarium raksasa dengan ikan-ikan di dalamnya...Masya Allah, breathtaking banget. Tiap akuariumnya jernih, makhluk lautnya pun keliatan sehat, aktif, dan..sadar kamera. Serius, ikan-ikan pari, terutama, paling seneng kalo udah berenang di deket kaca dan mulutnya udah kayak lagi senyum sambil dadah-dadah ke kamera dengan siripnya (oke, ini lebay). Not to mention akuarium ubur-ubur yang ditata sedemikian rupa sehingga kelihatan surreal banget, belut dengan macam-macam motifnya dan ketemu duet ikan legendaris: clown fish alias Nemo dan Dory!


Keren kan? Saya aja nggak bosen-bosen motoin berbagai makhluk laut di sana. Oiya, lumba-lumba juga ada di SEA Aquarium, cuma sayang lagi dikit banget dan harus naik lagi biar bisa liat lumba-lumba dari dekat. Puas keliling SEA Aquarium, kami lanjut makan siang di food court dekat USS. Tatanannya unik, mirip pasar malam. Tapi berhubung rame saya nggak sempet foto-foto di sana. Habis makan, kami naik MRT ke arah Marina Bay, tapi begitu sampai jalan ke Art &Science Museumnya lumayan jauh karena harus nembus beberapa gedung perkantoran. Belum lagi taman terbuka di sekitar museum dan mall yang banyak "ranjau" karena banyak burung. Tapi semua terbayar kok setelah masuk pelataran Art & Science Museum yang maha keren ini, hehe. 

Yang menarik, walau luarnya "feminin" banget karena banyak bunga teratai, di dalemnya lagi ada pameran dinosaurus, jadi begitu masuk berasa di dunia lain karena semua detail mengenai dinosaurus kayak susunan tulang, fosil, habitat dan cerita dari awal sampai kepunahannya lengkap dan nyata banget, keren! Puas liat pameran, saya naik ke lantai paling atas yang isinya "behind the scene" pembuatan Art & Science museum serta ada ruangan audio visual yang khusus nayangin kenapa kesenian dan ilmu pengetahuan saling berhubungan.


Puas keliling Art & Science Museum, menjelang sore kami langsung jalan ke lokasi berikutnya : Marina Bay Sands! Ada cerita lucu nih, waktu mau naik kami diminta foto berempat buat souvenir. Tapi akhirnya foto itu nggak jadi diambil berhubung latarnya green screen dan adik saya pake baju hijau karena bakal keliatan transparan. Hahah! Terus begitu sampai di atas, lagi-lagi saya dibikin kagum waktu ngeliat landscape Singapore dari atas. Kereeen (tapi ngeri juga sih kalo liat ke bawah. Ngeri kamera jatoh)!


Day 3 : 22 Maret 2014
Jam 8 pagi, setelah packing dan siap-siap kami check out dari hotel dan capcuss ke kawasan Marina Bay lagi buat ngeliat Esplanade dan patung Merlion yang legendaris itu tentunya. Asli kagum deh sama pemandangan kota Singapore yang walaupun udah dibangun gedung-gedung tinggi, gedung lama tetap terawat sehingga kota Singapore jadi makin cantik. Oiya,dari stasiun kami jalan ke Esplanade, lalu lanjut ke Merlion Park. Di sana nggak banyak cerita sih selain jalan-makan-foto-beli buku-belanja oleh-oleh, tapi di bandara, kami sempet naik monorail dari terminal 2 (terminal tempat kami boarding) ke terminal 3 yang kece banget itu. Plus, akibat kebanyakan makan perut jadi blendung dan disangka bumil sama petugas keamanan di rauang boarding (parahnya waktu itu saya pake dress dan belt, haha!) ! Begini penampakannya.


Oiya, here's a little tips to survive di Singapore:
1. Rajin-rajin baca petunjuk di stasiun MRT, supaya kita nggak nyasar dan tetap tertib. Petunjuknya udah jelas banget lho di depan mata, kalo nggak dibaca..siap-siap kena denda atau minimal dijutekin sama orang lokal.
2. Pengemis bukan pusat perhatian. Di Orchard, saya sempet ngeliat pengemis buta, tapi nyanyinya bagus banget. Sayang di kertas karton ditulis bahwa dia nggak boleh difoto demi ngehormatin privasinya sebagai manusia...
3. Buat yang Muslim, rajin-rajin nanya di food court atau restoran menunya halal apa nggak, sekalipun itu daging sapi atau ayam.
4. Yang paling menguras kantong selama di sana adalah....MAKANAN! Hahaha..ya secara makan itu kebutuhan utama manusia sih ya, hehe...biar aman, tiap liat harga makanan coba dibandingin dengan kurs rupiah (1SGD= Rp 9468,-)

Oiya, Selamat menunaikan ibadah puasa buat para penelusur Pensieve yang melaksanakan! Mohon maaf lahir dan batin yaaa :D

Regards, Ratri

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D