Jogja Kembali (Part 2)







Sebelum melanjutkan laporan petualangan gue selama di Jogja, gue mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Mohon maaf lahir batin yaa kalo ada salah kata :D

Lanjut hari kedua, abis packing di hotel gue dan keluarga gue (kali ini komplit, soalnya Ayah dan adik gue baru sampe dari Solo tengah malam) langsung meluncur ke Soto Kadipiro buat sarapan. Coba deh kalo misalnya lagi di Jogja cobain soto Kadipiro, enak bangeeet! Kuahnya gurih, berasa banget daging ayamnya. Abis dari sana, kita didrop di Stasiun Tugu, terus lagi-lagi menyusuri Malioboro dan Beringharjo karena mau ke Benteng Vredeburg, yang rupanya mau direnovasi bagian depan. Di sana, gue dan keluarga ngeliat berbagai diorama keren yang nyeritain sejara Yogya. Mulai dari penobatan Sultan HB IX berikut bantuan yang beliau beri buat negara kita (ternyata pas situasi negara lagi kritis Bung Karno dkk pada saat itu sampe kabur ke Yogya terus dibantuin sama Sultan, hebaat! :D), sampe bagian dari sejarah Indonesia yang hampir dilupakan.


Salah satunya, di satu diorama ada scene yang nunjukkin gerakan pemuda-pemudi Jogja yang nekat manjat ke atap dan nurunin bendera Jepang di salah satu gedung bersejarah di Jogja. Kerennya, pelopor dari kejadian tersebut adalah seorang cewek 13 tahun bernama Siti Aisyah. Bayangin, begitu dia liat bendera Jepang, dengan gagah berani dia ngambil tangga bambu ke sana, terus naik ke sana sendirian, lalu disusul para pemuda. Alhasil Jepang yang kala itu udah kalah speechless liat tindakan luar biasa yang dilakukan pemuda-pemudi Jogja. Kalo aja banyak yang tau cerita tentang Siti Aisyah, dia bisa masuk jajaran heroine Indonesia. Salut!

Puas keliling benteng Vredeburg, langsung meluncur ke Taman Sari. Tapi sayangnya berkat kesotoyan si abang becak, kita didrop diii...belakang. Alhasil mesti muter jauuuh banget biar sampe ke depan loketnya -___-. Tapi jalan jauh jadi worth it secara viewnya keren banget secara keseluruhan, apalagi ke mesjid bawah tanahnya. Lokasinya keren banget loh buat foto-foto :D

Dari Taman Sari, kita langsung makan siang di Resto Bu Ageng. Suasananya adem, makanannya pun gak kalah enak meski soal harga masih lebih murah House of Raminten #Ramintenunite (iyalah jeeeung!). Yang menarik, resto milik seniman Butet Kartaredjasa ini tetep aja ada lawaknya di brosur, kayak gini nih:
Pujangga Luwe: Amenangi jaman luwe,wong sing ora luwe rasah melu-melu luwe. Kudu tetep mangan.Sak begja-begjane wong mangan,isih begja wong sing kelakon mangan ing warung kene. Mulane ojo kapok mangan..ngko ndak luwe maneh! 
 Artinya kira-kira begini: "Kalo lagi laper, yang gak laper gak usah ikut-ikutan laper, harus tetep makan. Seberuntung-beruntungnya orang makan, lebih beruntung kalo makan di warung ini. Makanya jangan kapok makan, kalo nggak ntar laper lagi!" Haha, koplak ye :p

Kenyang makan, kita balik sebentar ke hotel buat check out, lalu mampir ke galerinya (alm) Affandi, seniman senior Indonesia dengan karya-karyanya yang super keren. Tapi sayang di galerinya nggak boleh motret, akhirnya cuma keliling-keliling aja, abis itu langsung cuss ke pusat oleh-oleh, ngeborong bakpia pathok original nomer 25 (#pathokunite mana suaranyaaaa?!!!!) lalu ke bandara. Setelah 3 jam menunggu, akhirnya kitapun pulang ke Jakarta.
Sekian laporan quick getaway gue ke Jogja! Salam SCTV (gaya J.T.)


Regards, Ratri



10 komentar:

  1. wkwkwkwk.. si butet ada2 aja kalo bikin brosur. ane belum pernah ke resto itu, jadi penasaran kyk apa.. nice post :)

    BalasHapus
  2. nice posting,,, mampir balik ia n follow back

    BalasHapus
  3. Foto dedaunan pohonnya bagus!

    BalasHapus
  4. jogja emang selalu enak buat liburan.. :)
    cuma jalur jalurnya aja yang susah diapalin.. (menurut gue sih...)

    BalasHapus
  5. Jogjaaaa huaaa pengen bisa kesana lg :(

    BalasHapus
  6. kayaknya foto yang terakhir cocok buat foto pre wedding.. hiyaaaaaaaaaaak udah ngomongin wedding ajaaaa..

    BalasHapus
  7. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
  8. salam kenal, kunjungi balik ya :
    http://kubukakubaca.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
  9. mohon izin buat link blognya yah. saya suka foto2nya.
    thxxx :)

    BalasHapus
  10. vredeburg dan taman sari, tempat favorit aku :)))

    BalasHapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D