Warna-warni Film Bollywood

Syelaaaamat malaaam duhai kekaaaa~eh, salah deng. Mau ngebahas Bollywood ngebuka postingannya malah pake dangdutan,hadeeuh

Berhubung beberapa hari terakhir gue kembali 'keracunan' sama yang namanya pelem India gegara baru nonton Kabhi Kushi Kabhi Gham komplit (seriusan, sebelumnya cuma nonton separo-separo plus mv Bole Chudiyan), gue jadi pengen ngebahas genre film yang nggak pernah sepi orang ini, soalnya pas searching di Youtube sampe sekarang masih ada aja gitu yang nontonin, padahal filmnya udah lawas banget. Nggak heran, Bollywood itu unforgettable sehingga selalu bisa bikin pemirsanya jatuh cinta lagi,lagi daaan lagi *tsaaaaah*.

Kalo kamu berpendapat Bollywood identik sama nyanyi-nari-kejar-kejaran berjamaah, kali ini gue mau mengulik lebih dalam hal-hal apa aja yang biasanya ada dalam film India,mulai dari plot, kebiasaan, sampe printilan kecil macam figuran,hihihi. Apa sajakah ituu?

1. Menari dan menyanyi itu wajib hukumnya. Naaah rasanya nggak lengkap emang kalo film India ngga ada sesi nyanyi dan nari biar penonton gak bosen nontonnya (1 film India durasinya 3 jam bo'). Kalo berdua aja (maksudnya si tokoh utama), pasti pilar atau pohon jadi inceran buat main kejar-kejaran, terus syutingnya sampe ke luar negeri atau lokasi-lokasi pegunungan di India, cuma buat numpang nyanyi dan nari. Sekalinya nggak syuting di tempat-tempat yang tadi gue sebutin pasti adegannya dilakukan berjamaah dengan koreografi super kompak dan kostum warna-warni biar makin semarak. Ini video favorit gue:


2. Rumahnya gede-gede. Kalo diperhatiin, di film India rumah atau apartemennya besar-besaaar banget kayak mal pribadi. Biasanya di dalem rumah itu ornamennya banyak banget, termasuk tempat pemujaan dewa-dewi dengan patung berukuran gede. Di satu sisi biar nunjukkin bahwa dia berasal dari keluarga berada, tapi di sisi lain biar bisa sekalian bikin hajatan di sana,atau bisa lari-lari kalo lagi adegan galau biar filmnya semakin dramatis. Biar tambah komplit, kalo adegannya lagi tumbar mere jahe alias marah-marah kaget pasti kondisi rumahnya lagi gelap terus ada suara petirnya.

3. Keluarga paling penting. Apapun ceritanya, keluarga pasti ikutan nyempil jadi bumbu utama film India. Kalo jumlah keluarganya lengkap, biasanya ada kakek/nenek yang tinggal bareng dan paling bikin heboh serumah, entah dengan sisi kekolotannya, nyindir menantunya,pokoknya heboh! Kalopun keluarganya kecil, biasanya ada satu-dua tetangga yang udah dianggap keluarga, bahkan nyelonong masuk rumah mereka pun nggak apa-apa, hihi. Kadang tokoh antagonisnya rupa-rupanya masih ada hubungan sodara pas ceritanya udah mau selesai.

4. Anti antagonis alias cinta damai. Sadar gak kalo film Bollywood cinta damai? Soalnya sepanjang nonton film India, hampir semua tokohnya protagonis termasuk saingannya (cateut yah nek, SAINGAN!). Kalo ada yang judes-judes gimanaaa gitu pun biasanya jadi baik di akhir film, atau tau-tau ngilang tanpa jejak demi happy ending *halah*. Bollywood bisa ngebuktiin bahwa tanpa tokoh antagonispun film tetep seru ditonton tanpa mengubah alur ceritanya. Oh iya, walau dulu umat Muslim dan Hindu di India sempet konflik, di filmnya suka nyempil tokoh-tokoh dari kalangan Muslim, perannya pun protagonis. Coba Indonesia bisa ya kayak gitu>>senggol Raam Punjabi
P.S.: Tolong koreksi ya kalo ada yang salah :)

5. Emosi campur aduk. Ya ketawa, ya mesem-mesem, ya nangis, ya kesel, semuanya nyampur aduk dalam satu film. Tapi adegan ketawa sambil mewek nini nih paling sering kegambar di film-film India, biasanya itu pas adegan dimana si tokoh ngomongin kata-kata mutiara, berterima kasih, ngerelain seseorang demi kebahagiaannya, atau terharu bahagia karena akhirnya dipersatukan.Yeap, Bollywood did it nicely before Drama Asia was cool *ceritanya ngopi dari 9gag*.

6.Ada bule nyempil. Apalagi kalo ada adegan hajatan figurannya segambreng-gambreng dan ada nyanyi-nyanyinya. Kalo diperhatiin lebih rinci, kalo di adegan hajatan itu pasti nyempil satu-dua figuran bule pake kain sari atau salwar kameez (tunik untuk wanita India yang belum menikah) atau shervani (tunik buat cowok) sebagai tamunya. Rada aneh sih liatnya, cuma mungkin biar kesannya yang punya acara eksis banget gitu punya kenalan bule :p
Bule di Mujhse Dosti Karoge (tolong jangan liat Hrithik Roshan-nya!)
Sebetulnya masih buanyaaaaaak lagi fakta-fakta lain tentang film Bollywood yang penuh warna-warni, cuma karena bingung milih yang mana lagi, sampai disini dulu postingannya. Kalo mau pada nambahin yuk mari di share di kolom komentar :D

Selamat jatuh cinta dengan Bollywood!

Regards, Ratri

22 komentar:

  1. haha emang seru kalo nontn bollywood :) gue juga masih suka nontn film bollywodd yang lawas XD

    BalasHapus
  2. Kalo gue jadi figuran di film bollywood gimana yah? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti nyempil-nyempil gitu deh pake kaos KK,hihihi

      Hapus
  3. Ada yang kelupaan tuh..klo dulu kebanyakn pakek kata2 inspektur dan bunyi pistolnya CTUUNG CTUUUNG! X)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya, inspektur Vijay!muahaha :p

      Hapus
  4. Bener juga sih, keluarga emang poin utama yang disorot buat film india X))

    BalasHapus
  5. satu poin di atas yang baru gue tau, yaitu ada bule nyempil di filmnya. Gue nggak pernah tau itu . . .

    BalasHapus
  6. Dari dulu juga sudah jatuh cinta, kalo nonton nggak bosen-bosen hahaha

    BalasHapus
  7. ada bule nyempil.hahaaaaa sumpah ga pernah merhatiin ampe sedetil itu,dan ga pernah kepikiran biar pemerannya dibilang eksis hahaaaaaa dasar ratriiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya jangan cuma nyenyong-nyenyongnya yang diliat noniii hahaha :D

      Hapus
  8. yang nomer 4 ada yg ga juga loh rat..
    pernah nonton ghajini ga? filmnya amir khan, (kalo belum, harus nonton, KERENNN)
    itu pada akhirnya mereka gak bersatu gara2 ada yang jahat banget T^T :'( *ngambil tissue* *kebawa suasana*

    walopun bnyak yg ketawain kalo gw lagi nntn film india, tp ttep aja suka \(^O^)/
    udah kisahnya bagus, nyentuh, trus pesannya jg tersampaikan :*

    kalo yg bule nyempil, gw jg merhatiin :p
    gegara nonton yg "ka ho na pyarehe" ya kalo gak salah?
    apa mujedestikaroge?
    pkoknya itulah, ada satu bule nyempil cakep banget, hahahhaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahahaha dimana-mana hampir semuanya nongol tau dil bulenya,hihi. Masa? Ada di youtube gak dil *maap mental gratisan XD*? hihihi

      betul betuuul, semalem nonton kal ho na ho nangis loh gueee

      Hapus
  9. Errrr Khabi Khusi Termasuk favorit aku Ratri..
    cerita tentang kekeluargaanya itu looh..
    keren abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa! Kabhi kushi Kabhi Gham juga favorit aku kak :D

      Hapus
  10. Kalau waktu SMA seneng banget ngerumpiin pelem indihe. Apalagi kabikusikabigam XD KEREN (Y)!!
    #mendadakcurcol

    BalasHapus
  11. postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  12. huahaha
    niat banget ya sampai megulas ke detail2 gitu tentang film bolliwood.
    ada yg kurang tuh,,,
    di film india itu, polisi selalu datang di akhir.
    hehehhe
    tapi, itu film2 india dulu sih yg begitu, film india sekarnag lebih banyak cinta2 :)

    BalasHapus
  13. inspektur Vijeynya mana? itu ciri khas film-film india yang paling aku hapal di luar kepala. tiap ada polisi pasti namanya Vijey, dipanggilnya inspektur Vijey

    BalasHapus
  14. Hmmm... coba nonton film yang lebih baru deh sist, itu bule-bulenya bukan nyempil lagi...
    Yang jadi penari latarnya malah mereka juga loh....

    BalasHapus
  15. jadi kangen pengen nnton film india lg deh :D

    BalasHapus
  16. satu lagi tuh belom dimasukin, inspektur vijai. :P

    BalasHapus
  17. wow...wow... India... hha..

    mampir balik ya kak...

    BalasHapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D