what's in a name...

Entah kenapa, akhir-akhir ini gue lagi suka-suknya ngutak ngatik nama. Ya nama buat tokoh,nama orang-orang yang gue kenal, dan..nama anak. Seriously, dari SMP gue udah sering banget ngutak-ngatik nama buat anak gue kelak. Mungkin kedengerannya aneh, tapi yah mau gimana lagi orang gue juga calon bunda yang ntar ngebuka pintu masuk ke dunia buat anak-anak. Oalah, kenape ni suka utak-atik nama?
Yang pertama, ini baru pertama kali gue ngerjain proyek segitu seriusnya sampe rela ngubah alur cerita dan nemuin nama-nama keren buat tokoh-tokohnya, apalagi proyek ini latarnya Jepang jaman dulu. Tapi yang lucu seringkali nama-nama itu tercetus begitu aja. Misalnya: ketika gue mikir siapa tokoh antagonis utamanya, langsung kepikiran nama Gosaburo. Ada salah satu tokoh sentral dalam bayangan gue mirip Johnny Depp versi Jepang plus rambut gondrong terurai diaksih nama Sadayoshi Kitano, punya anak tiga: Jirou, Akiko, Daiichi. Terus nanti ada cucunya Kaisar gue kasih nama Hiromasa, Yukiaki sama Shigeko. Haha, keren kan?
Kedua, seru deh nyari arti nama kita atau orang-orang terdekat, siapa tau artinya cukup bikin kita senyam-senyum sendiri, apalagi kalo misalnya arti nama kita nyambung sama arti nama si yayangski. Contoh kecil, nama gue dan nama laki gue sama-sama diambil dari bahasa Jawa/Hindu/Sanskrit, yang kalo digabungin artinya cukup 'nakal' ternyata, hihihi.Ada nama-nama temen yang artinya cukup puitis, ada juga yang sesuai sama orangnya.
Ketiga, mungkin emang udah jalannya kali ya seorang perempuan yang bakalan ngelahirin anak-anak sampe urusan nama aja dipikirin sejak dahulu kala. Sedikit bocoran, kalo soal anak sih cowok-cewek sama aja,yang penting pas lahir selamet sentosa dan gue bisa mendampingi mereka tumbuh (yak maternity mode:on). Kalo laki-laki, pengen deh gue kasih nama Naratama Ajisaputra, dipanggil Nara. Artinya anak manusia yang pandai dan putra yang dicintai *tsaaah*, biar ntar anak gue nggak cuma pinter,tapi juga dicintai sama orang-orang sekitar. Kalo perempuan pengen gue kasih nama Diandra Dewi Drupadi, dipanggil Dru. Artinya Lentera dewi Drupadi, biar nanti anak gue bisa jadi cewek independen kayak Drupadi dan jalan hidupnya selalu diterangi. Satu lagi nama buat anak cewek: Mandira Sasmaradewi, a.k.a. Dira. Artinya rada rempong nih: Pohon beringin yang mempersatukan cinta dan membuahkan seorang dewi *ngek, rempong*. Gue suka nama Mandira gara-gara My Name is Khan, Sasmara-nya dapet dari iklan sebuah produk kosmetik dalam negeri yang baru-baru ini ngeluarin seri "Sasmara Dahana". Hahaha, detail abis, tapi mana tau nama-nama ini kepake beneran di masa depan, if i were a mom :)
Jadi, semua intinya adalah: gue kemakan quote terkenalnya eyang Shakespearre: 'apalah arti sebuah nama'

Reagrds, Ratri

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D